Mana yang lebih baik, sarapan dulu atau olahraga dulu?

Aktivitas di pagi hari yang biasa orang lakukan antara lain adalah sarapan atau olahraga pagi seperti jogging atau bersepeda. Namun timbul sebuah perbedaan pendapat tentang lebih baik sarapan dulu baru olahraga, atau sebaliknya.

Berdasarkan penelitian American College of Sports Medicine, orang yang olahraga dalam keadaan berpuasa menghasilkan kinerja yang lebih rendah. Anda tidak dapat berolahraga seintens biasanya karena anda tidak mendapatkan manfaat sarapan seperti biasanya.

sarapan pagi 2018 liputan6.com

Jika belum sarapan, energi jadi lebih sedikit, bahkan bisa pusing jika kadar glukosa darah turun. Anda mungkin juga cenderung makan berlebihan setelah berolahraga, dilansir dari Livestrong.

Lantas sarapan sebaiknya sebelum atau sesudah olahraga? Pakar gizi sekaligus Sekretaris Indonesia Nutritional Association (INA), Saptawati Bardosono menjawabnya.

“Sebenarnya, belum ada penelitian secara jelas soal itu. Saya pikir, itu sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Kalau tidak sempat sarapan sesudah olahraga ya sebelum olahraga,” ungkap Tati, sapaan akrabnya saat acara simposium “The Role of Nutrition in The Prevention and Treatment of Obesity” di Hotel Aryaduta, Jakarta, Minggu (29/7/2018).

 

Tergantung kesempatan

sarapan pagi 2018 liputan6.com

Tati menambahkan, dirinya juga sarapan sesuai dengan kesempatan yang ada.

“Saya biasanya kalau pagi tidak sempat sarapan, olahraga dulu malah. Baru sarapannya sesudah olahraga. Tidak mesti harus sebelum atau sesudah olahraga. Tergantung kitanya juga,” ungkap Tati.

Di sisi lain, sistem pencernaan setiap orang berbeda. Untuk menemukan, apakah Anda perlu sarapan sebelum atau sesudah olahraga dapat bereksperimen.

Jadi anda tidak perlu bingung mengenai hal ini. Apakah anda harus sarapan dulu baru olahraga, atau sebaliknya olahraga dulu baru sarapan. Karena setiap orang mempunyai caranya tersendiri. Namun, kalau anda masih tidak bisa memutuskan, sebaiknya anda mencoba keduanya saja, dan rasakan perbedaannya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *